Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP. -p; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG (Zea mays L. Saccharata Sturt)


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan dan hasil jagung manis (Zea mays L. saccharata sturt). Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2019 di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Penelitian ini dilakukan menggunakan percobaan rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang diatur dalam rancangan acak lengkap. Faktor pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri dari 3 jenis (pupuk kandang sapi, pupuk kandang kambing dan pupuk kascing). Faktor kedua adalah dosis pupuk yang terdiri dari empat aras (0g + 6g NPK, 100g, 200g dan 300g. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan sidik ragam (analysis of veriance) pada jejang 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan pada jejang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antar macam pupuk dan dosis pupuk pada parameter tinggi tanaman, panjang tongkol pertanaman, berat tongkol dengan kelobot, dan berat tongkol tanpa kelobot, terbaik pada pupuk kascing dengan dosis 300 g pertanaman. Pemberian pupuk NPK (kontrol) memberi hasil yang tinggi pada parameter diameter tongkol dengan kelobot, berat kering akar, berat basah tajuk dan berat kering tajuk. Pupuk kascing memberi hasil yang tinggi tetapi tidak berbeda nyata dengan pupuk kandang kambing pada parameter berat kering akar, berat basah tajuk dan berat kering tajuk.

LOADING LIST...
sergius.takdir02@gmail.com
NONE
Text
INSIPER
2019
YOGYKARTA
LOADING LIST...