Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh herbisida Metil metsulfuron dan Polyoxyethylene alky ether untuk mengendalikan gulma Stenochlaena palustris


PENGARUH HERBISIDA METIL METSULFURON DAN POLYOXYETHYLENE ALKY ETHER UNTUK MENGENDALIKAN GULMA Stenochlaena palustris
Chairul Ahmad Afrizal
15/17751/BP

INTISARI
Penelitian lapangan ini dilaksanakan di PT. Kresna Duta Agoindo, Rantau Panjang Estate (RPNE), Desa Rantau Panjang, Kecamatan Telen, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Waktu Penelitian dimulai September 2018 sampai dengan Desember 2018. Penelitian dilakukan untuk mengetahui konsentrasi herbisida yang efektif dan efisien untuk mengendalikan gulma Stenochlaena palustris di perkebunan kelapa sawit.
Rancangan percobaan yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan percobaan 3 kali ulangan, faktor pertama adalah konsentrasi herbisida metil metsulfuron yang terdiri dari 3 aras yaitu 8 g/cap (M1), 6 g/cap (M2) dan 3 g/cap (M3). Faktor kedua adalah konsentrasi polyoxyethylene alky ether yang terdiri dari 4 aras yaitu 40 ml/cap (A1), 30 ml/cap (A2), 15 ml/cap (M3) dan konsentrasi nol (A0).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metil metsulfuron dengan konsentrasi 3 g/cap (vol cap 15 L) dengan campuran polyoxyethylene alky ether dapat mengendalikan gulma secara baik. Perlakuan polyoxyethylene alky ether menujukan hasil beda nyata pada konsentrasi 40 ml/cap, 30 ml/cap dan 15 ml/cap terhadap konsentrasi nol.
Kata Kunci : herbisida, konsentrasi, Stenochlaena palustris, metil metsulfuron, polyoxyethylene alky ether.

LOADING LIST...
chairul.ahmad30@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Ir. Samsuri Tarmadja, MP - Personal Name
Chairul Ahmad Afrizal - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...