E. Nanik Kristalisasi, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TOPOGRAFI TERHADAP LOSSES BRONDOLAN PADA PANEN DAN TRANSPORTASI KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh topografi terhadap losses brondolan kelapa sawit, serta kerugian secara ekonomi yang disebabkan oleh losses brondolan kelapa sawit pada panen dan transportasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT. KPC (Kartika Prima Cipta) yang terletak di Desa Mantan, Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat pada bulan Januari sampai April 2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan mengetahui, memilih, mengenal kondisi kebun penelitian, dan pengamatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu stratified sampling dengan menentukan areal bertopografi datar, bukit, dan rendahan, masing-masing terdiri dari 2 blok. Dalam setiap blok sampel, parameter yang diamati adalah pada pokok kelapa sawit dan piringan 10% dari total pokok, 10 pasar pikul, 10 TPH, dan sepanjang CR dan MR. Data pengamatan dianalisis dengan menggunakan One Way Anova pada taraf 5%.
Losses brondolan kelapa sawit pada topografi bukit di pokok, CR, dan MR lebih tinggi dibandingkan topografi rendahan dan datar, sedangkan losses di TPH antara bukit dan rendahan sama tingginya. pada topografi rendahan losses brondolan kelapa sawit di piringan dan pasar pikul lebih tinggi dibandingkan topografi bukit dan datar. Potensi kerugian ekonomi akibat losses brondolan Estate di PT. Kartika Prima Cipta dalam satu tahun yaitu sebesar Rp823.973.639,08.


Kata Kunci : topografi, losses, brondolan

LOADING LIST...
Fatoni_dti@yahoo.co.id
E. Nanik Kristalisasi, SP., MP. (P) - Personal Name
Erick Firmansyah, SP., M.Sc. - Personal Name
FATONI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...