Tantri Swandari, S.si, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH POPULASI SERANGGA PENYERBUK Elaeidobius kamerunicus TERHADAP FRUIT SET KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh populasi serangga penyerbuk Elaeidobius kamerunicus terhadap nilai fruit set kelapa sawit, dan untuk mengetahui jumlah serangga penyerbuk yang efektif untuk mendapatkan fruit set di atas 75%. Penelitian dilakukan di PT. Sumber Indah Perkasa, Blok G-56 G-57, Divisi 3, Mambruk Estate, Region Papua, PSM Papua, pada bulan November 2018 sampai Mei 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara survey dengan pengamatan populasi Elaeidobius kamerunicus pada 60 sampel bunga jantan dan 60 sampel bunga betina pada dua blok, beberapa data yang didapat yaitu populasi Elaeidobius kamerunicus per tandan dan per hektar pada bunga jantan, populasi Elaeidobius kamerunicus per tandan dan per hektar pada bunga betina, dan nilai fruit set TBS kelapa sawit. Data hasil pengamatan tiap tandan bunga betina dan bunga jantan dilakukan uji regresi korelasi, kemudian nilai fruit set tiap grade populasi dilakukan analisi ragam (Anova) pada taraf 5% dan dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa populasi Elaeidobius kamerunicus pada bunga jantan per hektar 24.185 individu dengan nilai fruit set 82,18%, berdasarkan hasil analisis ada hubungan positif kuat antara populasi Elaeidobius kamerunicus per tandan bunga betina dan fruit set dengan besar pengaruh 42,7%, serta populasi Elaeidobius kamerunicus per tandan bunga jantan dan fruit set dengan besar pengaruh 49,1%. Nilai fruit set tiap grade populasi pada bunga betina menunjukan adanya bedanyata yaitu pada grade 3 terhadap grade 1 dan grade 2, nilai fruit set mengalami kenaikan dari grade 1, grade 2 dan grade 3, semakin tinggi populasi maka nilai fruit set akan semakin tinggi.





Kata kunci : Elaeidobius kamerunicus, fruit set, bunga jantan, bunga betina.

LOADING LIST...
ranggaputrawicaksana97@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...