Ir. Enny Rahayu, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN APLIKASI PENGGUNAAN ALAT PEMUPUKAN MEKANIS (fertilizer spreader) DIBANDINGKAN DENGAN CARA MANUAL DI PT. AGROKARYA PRIMA LESTARI


INTISARI
Kajian Aplikasi Penggunaan Alat Pemupukan Mekanis (Fertilizer Spreader) Dibandingkan Dengan Cara Manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian pupuk secara mekanis dan manual, dan untuk mengetahui kendala – kendala yang dihadapi dalam kegiatan pemupukan baik secara mekanis maupun secara manual. Penelitian dilaksanakan di perkebunan Sinar Mas, Region Kalteng 5, PSM 6A Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kota Waringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah yang dilakukan pada bulan Agustus – September 2018.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dimana data yang diambil melalui survey lapangan di tempat penelitian yang sudah ditentukan. Kemudian data yang telah didapat dianalisis.
Hasil analisis menunjukan waktu aplikasi pemupukan mekanis pada saat uji lapangan terjadi ketidak efektifan sebesar 16% dari uji secara teoritis, waktu pemupukan mekanis lebih cepat 1,01 ha/jam dibandingkan dengan waktu pemupukan manual, untuk ketepatan jumlah pokok yang berbanding dengan dosis per hektar kedua perlakuan mencapai ketepatan di atas 100%, dan pengeluaran biaya untuk aplikasi pemupukan mekanis lebih hemat Rp 35.922/ha.

Kata kunci : Pupuk, Pemupukan Manual, Fertilizer Spreader, Fixsed Cost, Variable cost
LOADING LIST...
michaelignasius@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...