Dina Mardatilah STp. MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN ABU BOILER PABRIK KELAPA SAWIT DAN SERBUK SABUT KELAPA SEBAGAI FILLER PADA BIOPOT


PEMANFAATAN ABU BOILER PABRIK KELAPA SAWIT DAN SERBUK SABUT KELAPA SEBAGAI FILLER PADA BIOPOT

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan abu boiler dan serbuk sabut kelapa yang terbaik terhadap karakteristik biopot dan mengetahui pengaruh variasi berbagai jenis perekat yaitu tepung tapioka, tepung sagu, dan tanah liat terhadap karakteristik biopot yang dihasilkan.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap yang terdiri dari 2 faktor. Faktor (A) yaitu perbandingan jumlah abu boiler dan serbuk sabut kelapa terdiri dari 3 taraf (A1 = 70% :30% , A2 = 60% : 40%, A3 = 50% : 50% ) dan faktor kedua adalah jenis perekat (B) terdiri dari 3 taraf (B1 = tapioka, B2 = sagu, B3 = tanah liat) masing-masing diulang 2 kali. Biopot yang dihasilkan dianalisis kadar air, densitas (kerapatan), daya serap, pengembangan volume.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesentase jumlah bahan yang digunakan berbeda nyata terhadap daya serap air dan kerapatan, tetapi untuk kadar air dan pengembangan volume tidak berbeda nyata. Pada varietas jenis perekat yang digunakan tidak berpengaruh terhadap kadar air, densitas/kerapatan dan pengembangan volume pada biopot, namun berpengaruh nyata terhadap daya serap air. Berdasarkan hasil interaksi antar perlakuan, bahwa dari interaksi antara kedua factor pada persentase jumlah abu boiler (ab), serat sabut kelapa (ssk),dengan variasi jenis perekat didapatkan hasil terbaik pada perbandingan ab : ssk = 70% : 30% dan perekat tapioka 10% memiliki kadar air 3,52%, daya serap air 63,62%, densitas/kerapatan 0.87 g/cm3 serta pengembangan volume sebesar 14,99%.

Kata kunci : biopot, abu boiler, jenis perekat

LOADING LIST...
ay080968@gmail.com
Dina Mardatilah STp. MSi - Personal Name
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
AHMAD YUSUF - Personal Name
NONE
THP 2015
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...