Dr. Y. Th. Maria Astuti, M.Si. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGARUH TOPOGRAFI TERHADAP LOSSES BRONDOLON KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh topografi terhadap losses brondolan kelapa sawit, serta kerugian secara ekonomi yang disebabkan oleh losses brondolan kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan di PT. SKU (Satya Kisma Usaha), yang terletak di Desa Bukit Kemang, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi pada tanggal 14 Januari 2019 sampai 18 Februari 2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pada topografi lahan bukit dan lahan datar, dengan masing-masing terdiri dari 3 blok. Dalam setiap blok sampel, tempat yang diamati adalah piringan pada 6 baris tanam, 10 pasar pikul, dan 10 TPH. Data diuji dengan menggunakan uji t pada taraf 5% dengan varian identik.
Hasil yang diperoleh adalah losses brondolan kelapa sawit pada topografi bukit lebih tinggi dibandingkan pada topografi datar. Nilai kerugian yang diakibatkan losses brondolan kelapa sawit dalam bentuk CPO/bulan pada topografi bukit sebesar Rp 12.860.293,20/bulan dan pada topografi datar sebesar Rp 2.044.973,90/bulan.


Kata Kunci : topografi bukit dan datar, losses brondolan kelapa sawit

LOADING LIST...
hery.yantom@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...