FEBRI ANANDA WIGUNA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN MAYONNAISE KAYA ANTIOKSIDAN DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANII)


PEMBUATAN MAYONNAISE KAYA ATIOKSIDAN DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KAYU MANIS
(CINNAMOMUM BURMANII)

Intisari

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan mayonnaise kaya antioksidan dengan penambahan ekstrak kayu manis dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variasi rasio minyak kelapa sawit dengan minyak kedelai dan penambahan ekstrak kayu manis terhadap karakteristik mayonnaise yang dihasilkan.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi terbaik perbendingan minyak kedelai : minyak sawit (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : (A1) =100%:0 %,(A2) = 50% : 50 % dan (A3) = 0% : 100 %. Faktor kedua adalah penambahan ekstrak kayu manis (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : (B1)= 5% , (B2)= 10% dan (B3)= 15%. Kemudian mayonnaise yang sudah jadi dianalisis kadar air, kadar asam lemak bebas, kadar antioksidan , kadar lemak, kadar protein dan uji organoleptik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variasi perbandingan antara minyak kedelai : minyak sawit berpengaruh terhadap kadar air,kadar asam lemak bebas, kadar aktivitas antioksidan , kadar lemak dan kadar protein akan tetapi tidak berpengaruh terhadap, kesukaan aroma, warna, daya oles, dan rasa, sedangkan penambahan ekstrak kayu manis terhadap mayonnaise berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air,kadar asam lemak bebas, kadar aktivitas antioksidan , kadar lemak dan kadar kesukaan aroma, warna, daya oles, dan rasa. Berdasarkan hasil interaksi antar perlakuan, bahwa dari interaksi antara kedua faktor pada mayonnaise dengan ekstrak kayu manis didapatkan hasil terbaik ditinjau dari uji kesukaan dari panelis pada A2B2 yaitu perbandingan minyak kedelai : minyak sawit (50% - 50%) dan ekstrak kayu manis sebesar (10%) memiliki kadar air 25,45%, kadar alb 0,94%, kadar lemak 81,29%, kadar protein2,62 % dan aktivitas antioksidan 83,12%.





Kata kunci : mayonnaise, ekstrak kayu manis, antioksidan alami.





LOADING LIST...
febriwiguna727@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...