Erick Firmansyah, SP. M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PEMANFAATAN LIMBAH CAIR ( LCPKS ) DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan limbah cair ( LCPKS ) dalam meningkatkan produktifitas kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di Kebun PT. Multi Prima Entakai, kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey agronomi yaitu dengan mengumpulkan data agronomi tanaman kelapa sawit di lapangan dan metode observasi yaitu metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data survey yang dikumpulkan melalui data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan terdiri dari 6 blok ( 3 blok lahan yang di aplikasi LCPKS dan 3 blok lahan yang tidak di aplikasi LCPKS ). Dari setiap blok di ambil 15 sampel tanaman , sehingga total sampel tanaman keseluruhan adalah 90 tanaman sampel. Pengambilan data dilakukan di perkebunan kelapa sawit yang sudah dilakukan pengaplikasian LCPKS selama 5 tahun.
Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data produktifitas kelapa sawit antara lahan yang diaplikasi LCPKS dan lahan yang tidak di aplikasi LCPKS akan dibandingkan dengan uji independent t test pada jenjang nyata 5% sedangkan data lainnya dijelaskan secara deskriptif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa produktifitas TBS sawit pada lahan yang diaplikasi dan tidak diaplikasi LCPKS tidak berbeda nyata, walupun tidak berbeda nyata, produksi TBS pada lahan yang diaplikasi menggunakan LCPKS lebih baik dibandingkan dengan lahan tanpa aplikasi LCPKS terlihat pada tahun 2014,2015, 2016 dan 2017.
Hasil analisis karakter agronomi menunjukkan bahwa tinggi batang, panjang pelepah, jumlah bunga betina dan berat tandan TBS kelapa sawit yang diaplikasi LCPKS lebih baik dibandingkan dengan blok tanpa aplikasi LCPKS. Hasil analisis karakter agronomi menunjukkan bahwa diameter batang, jumlah bunga jantan, jumlah tandan per pokok dan sex ratio pada lahan yang diaplikasi LCPKS dan tanpa aplikasi LCPKS menunjukkan hasil yang sama. Realisasi pemupukan pada lahan yang diaplikasi LCPKS lebih rendah dibandingkan dengan realisasi pupuk pada lahan tanpa aplikasi LCPKS.

LOADING LIST...
Ekooktaviano2@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...