Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN KERTAS KARTON (PAPERBOARD) DARI PELEPAH KELAPA SAWIT DENGAN PENAMBAHAN PVA GLUE


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variasi konsentrasi asam cuka dan konsentrasi PVA Glue terhadap sifat fisik kertas karton yang dihasilkan dari limbah pelepah kelapa sawit dan mengetahui variasi konsentrasi yang terbaik untuk menghasilkan kertas karton dari limbah pelepah kelapa sawit.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu Dosis Asam Cuka dengan tiga taraf yaitu A1 = 6,46 %, A2 = 6,50 % %, A3 = 6,53 %. Faktor kedua yaitu konsentrasi PVA Glue dengan tiga taraf yaitu, B1 = 2,5 %, B2 = 5 %, B3 = 7,5 %. Kertas karton (Paperboard) yang dihasilkan dianalisis meliputi Gramatur dan Tensile Strenght. Untuk raw material berupa limbah pelepah kelapa sawit dilakukan analisis selulosa, lignin dan hemiselulosa.
Hasil penelitian menujukkan dosis asam cuka berpengaruh terhadap nilai gramatur (g/m2) dan tensile strenght (kN/m) kertas karton (paperboard) yang dihasilkan. Penambahan PVA Glue berpengaruh terhadap nilai gramatur (g/m2) dan tensile strenght (kN/m) kertas karton (paperboard) yang dihasilkan. Konsentrasi asam cuka terbaik berdasarkan hasil rerata sifat fisik adalah perlakuan A3 6,53 % dengan nilai gramatur 1.090,421 g/m2 dan nilai tensile strenght 47,083 kN/m, sedangkan hasil terbaik untuk penambahan konsentrasi PVA Glue B3 7,5% dengan nilai gramatur 1.091,763 g/m2 dan nilai tensile strenght 69,42 kN/m.



Kata kunci : limbah pelepah kelapa sawit, delignifikasi, kertas karton (paperboard).

LOADING LIST...
adityadanip@yahoo.com
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
Dina Mardhatilah, S.TP, M.Si - Personal Name
Aditya Dani Pratama - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...