Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LAMA SIMPAN DAN BAHAN PENYIMPAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT BUD CHIP TEBU ( saccharum officinarum )


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama simpan dan bahan penyimpan terhadap pertumbuhan bibit budchip tebu (Saccharum Officinarum). Penelitian ini dilaksanakanPenelitianinidilakukan di KP2 instiperMaguwoharjoSleman Yogyakarta. Tempat penelitian terletak pada ketinggian 118 mdpl dengan jenis tanah regosol. Penelitian ini dimulai dari tanggal April 2016 sampai juni 2016.
Percobaan ini meggunakan faktorial rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri 2 faktor yaitu : Faktor yang pertama adalah Lama simpan L1 = tanpa penyimpanan , L2 = Penyimpanan 4 hari , L3 = Penyimpanan 6 hari, L4 = Penyimpanan 10 hari sedangkan faktor yang kedua adalah Bahan penyimpanan B1 = Tanpa bahan penyimpan, B2 = Serbuk gergaji, B3 = Sekam, B4 = Daun tebu yang suda kering. Hasil pengamatan kemudian dianalisis menggunakan sidik ragam (analysis of variance). untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan dilakukan uji DMRT (duncan’s multiple range test) pada jenjang nyata 5%.
Dari percobaan ini dapat diambil kesimpulan terjadi interaksi anta lama simpan dan bahan penyimpan terhadap parameter tinggi tanaman, berat segar tanaman, berat segar tajuk dan jumlah daun. berbagai macam bahan penyimpan dapat digunakan sebagai tempat menyimpan bibit bud chip tebu, lama penyimpanan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, berat segar akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat kering tanaman,berat kering akar, panjang daun dan diameter batang. Penyimpanan bibit selama 10 hari memberikan pertumbuhan bibit paling rendah dibandingkan dengan lama penyimpanan bibit 4 hari. Saran dar peneliti untuk lama penyimpanan bud chip paling bagus dalam waktu 4 hari, bahan dari serbuk gergaji, sekam dan daun tebu kering dapat digunakan sebagai tempat penyimpan.
Kata kunci : lama simpan dan bahan penyimpan, pertumbuhan bibit tebu, hasil .

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...