Dr. Dra. Y. Th. Maria Astuti, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan di Pedukuhan Denokan Jalan Beringin Raya yang terletak di Desa Maguwoharjo. Kecamatan Depok. Kabupaten Sleman. Daerah Istimewa Yogyakarta
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan percobaan faktorial yang terdiri dari 2 (dua) faktor yang disusun dalam rancangan acak lengkap dengan empat ulangan. Faktor pertama ialah komposisi media tanam (latosol : pasir : pupuk kandang sapi) yang terdiri dari 4 macam aras. yaitu K0 = Latosol. K1 ( 2 : 1: 1 ). K2 ( 3 : 1 : 2 ). K3 ( 1 : 1: 1). Faktor kedua ialah frekuensi penyiraman yang terdiri atas 4 macam aras yaitu penyiraman 1 hari 2 kali. 1 hari 1 kali. 2 hari 1 kali. 3 hari 1 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukkan adanya interaksi nyata antara perlakuan komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tanaman, berat kering tanaman, berat segar tajuk, berat segar akar, berat kering tajuk, dan berat kering akar. Sedangkan pada parameter panjang akar tidak menunjukan adanya interaksi nyata. Kombinasi komposisi media tanam tanam 3: 1: 2 (latosol, pasir, pupuk kandang sapi) dan frekuensi penyiraman 1 hari 1 kali memberikan hasil paling baik.
Kata kunci: komposisi media tanam, frekuensi penyiraman, bibit kelapa sawit

LOADING LIST...
indraw569@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...