Ir. Siti Achadiyah, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SUBTITUSI COCOA BUTTER SUBTITUTE DAN TEPUNG KACANG MERAH DALAM PEMBUATAN SELAI COKELAT


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan selai cokelat menggunakan Cocoa Butter Subtiture(CBS) Tepung Kacang Merah dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh subtitusi cocoa butter subtitute (CBS) dan tepung kacang merah terhadap karakteristik selai coklat yang di hasilkan yang disukai panelis.Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Blok lengkap (RBL) yang menggunakan 2 faktor. Faktor pertama perbandigan CBS dengan CB (C) yang terdiri dari 3 taraf ( 20% : 30%, 25% : 25%, 30% : 20%. )Faktor kedua Penambahan tepung kacang merah : bubuk coklat (K) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : ( 5% : 15% , 10%: 10% , 15%: 5%.)
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Rasio perbandingan CBS : CB berpengaruh terhadap kadar protein,kadar lemak Selai coklat, dan tidak berpengaruh terhadap uji kesukaan terhadap aroma, tekstur dan rasa Selai cokelat.
Rasio penambahan tepung kacang merah : bubuk coklat berpengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar lemak, tetapi tidak berpengaruh terhadap kesukaan aroma selai cokelat terhadap kesukaan tekstur, dan kesukaan rasa Selai cokelat.
Terjadi interaksi antara perlakuan C (cocoa Butter Subtitute : Cocoa Butter) dan perlakuan K ( Tepung kacang merah : Bubuk coklat) terhadap kadar protein dan lemak Selai coklat tetapi tidak terjadi interaksi kesukaan aroma, tekstur, dan rasa Selai coklat.

LOADING LIST...
dianmanullang30@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
2019
yogyakarta
LOADING LIST...