Ir. Neny Andayani, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MEDIA TANAM DENGAN PENAMBAHAN LIMBAH SOLID TERHADAP PERTUMBUHAN BEBERAPA VARIETAS KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
PENGARUH MEDIA TANAM DENGAN PENAMBAHAN LIMBAH SOLID TERHADAP PERTUMBUHAN BEBERAPA VARIETAS KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah solid dari pengolahan pabrik kelapa sawit dan varietas DxP PPKS 239, DxP PPKS 718, DxP PPKS 540 terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, serta untuk mengetahui respon tumbuh varietas pada variasi media tanam tanah grumosol dengan penambahan bahan organik solid Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai dengan bulan Februari 2017 di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini percobaan faktorial menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) dengan dua faktor. Faktor I adalah perbandingan solid dengan tanah yang terdiri atas 4 aras, yaitu :S0 = tidak diberi solid, S2 = solid 50%, S3 = solid 30%, dan S4 = solid 20%. Faktor II adalah jenis varietas yang terdiri dari 3 varietas D x P, yaitu V1 = D x P PPKS 239, V2 = D x P PPKS 718, dan V3 = D x P PPKS 540. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi kombinasi yang baik antara dosis solid dan varietas terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian solid dengandosis 0% (tanpa solid) sudah mampu memberikan hasil pertumbuhan yang baik pada bibit kelapa sawit di pre nursery. Penggunaan varietas benih jenis D x P PPKS 239, D x P PPKS 718 dan D x P PPKS 540 memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery
Kata kunci : Varietas, Kelapa Sawit, Pre- Nursery, Limbah Solid.

LOADING LIST...
hasbiijam@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...