HASTANTO BOWO W.,S.HUT.MP (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Sumber Bahan Baku dan Ukuran Perajangan Daun Terhadap Rendemen dan Kualitas Minyak Sereh Wangi (Citronella oil) Di Daerah Istimewa Yogyakarta


PENGARUH SUMBER BAHAN BAKU DAN UKURAN PERAJANGAN DAUN TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS MINYAK SEREH WANGI (Citronella Oil) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhammad Amir Purwanto1): Hastanto Bowo Woesono2); Didik Suryahadi3)

INTISARI

Kebutuhan pasar akan minyak sereh wangi semakin meningkat, namun hal ini tidak sebanding dengan produksi dan kualitas minyak sereh wangi yang dihasilkan. Produksi sereh wangi akan ditentukan oleh rendemen akhir dan kualitas minyak sereh wangi pada intinya ditentukan oleh tiga kandungan kimia, yaitu sitronellal, sitronellol dan geraniol. Tinggi atau rendahnya rendemen dan kandungan kimia tersebut dapat ditentukan oleh tempat tumbuh, umur pemanenan, waktu pemanenan, perlakuan bahan sebelum penyulingan, dan proses penyulingan.
Penelitian ini dilakukan di Rumah Produksi Giriwangi Essential Oil dan pengujian di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial, dengan menggunakan dua kombinasi perlakuan yaitu sumber bahan baku dan ukuran perajangan daun, dimana pada setiap perlakuan terdiri dari 3 aras. Parameter yang diamati meliputi: warna, rendemen, sitronellal, sitronellol dan geraniol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa warna yang dihasilkan memenuhi persyaratan SNI 06-3953-1995 yaitu kuning pucat-kuning kecokelatan. Kombinasi perlakuan sumber bahan baku dan ukuran perajangan daun sangat berpengaruh terhadap rendemen minyak sereh wangi yang dihasilkan. Rata-rata tertinggi pada sumber bahan baku Desa Wedomartani, yaitu 0.93% dan ukuran perajangan daun 10 cm yaitu 0.94%. Kandungan kimia sitronellal menunjukkan bahwa sumber bahan baku dan ukuran perajangan daun tidak berpengaruh nyata. Pada kandungan kimia sitronellol dan geraniol bahwasannya sumber bahan baku berpengaruh nyata, sedangkan ukuran perajangan daun tidak berpengaruh nyata. Rata-rata kandungan kimia sitronellol dan geraniol tertinggi pada sumber bahan baku Desa Kebonharjo, yaitu kandungan sitronellol 13.11% dan kandungan geraniol 34.84%.

Kata kunci : Sumber bahan baku, ukuran perajangan daun, rendemen, kualitas
LOADING LIST...
Purwantohamzah96@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...