Dr.Ir. Candra Ginting, MP (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

pengaruh mediatanam cocopeat danintensitas penyiraman pupuk cair ab mix terhadap pertumbuhan tanaman sawi


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh serabut kelapa (cocopeat) sebagai media tanam dan pemberian pupuk cair AB mix sebagai penyuplai nutrisi pada pertumbuhan tanaman sawi. Penelitian ini dilaksanakan di kebun pendidikan dan penelitan (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Ngaglik , Sleman, Yogyakarta, pada bulan Desember 2018 sampai dengan Januari 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah media tanam (A) yang terdiri dari 4 aras, yaitu A1 = tanah regusol (kontrol), A2 = cocopeat, A3 = 1:1 cocopeat dengan tanah regusol, A4 = 1:2 cocopeat dengan tanah regusol. Faktor yang kedua adalah intensitas penyiraman pupuk cair AB Mix (B) terdiri dari 3 aras, yaitu B1 = penyiraman satu kali setiap pagi hari, B2 = penyiraman satu kali setiap sore, B3 = penyiraman dua kali yang dilakukan setiap pagi dan sore. Data yang diperoleh dianalisis dengan analysis of variance (ANOVA), apabila signifikan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (Duncan New Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Pada penelitian ini parameter yang diamati yaitu, tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar dan berat kering akar. Hasil penelitian menunjukan semua variasi media tanam dan intensitas penyiraman sama baiknya dan tidak berbeda nyata. Serta tidak terdapat interaksi antara variasi media tanam dan intensitas penyiraman pada seluruh parameter yang di amati.

Kata kunci : Cocopeat, penyiraman pupuk, AB mix, sawi

LOADING LIST...
imamandoro123@gmail.com
Dr.Ir. Candra Ginting, MP (p) - Personal Name
IMAM ANDORO - Personal Name
Tantri Swandri, S.Si.,M.Sc. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...