Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PERLAKUAN PENGERINGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK KERAJINAN KAYU JATI RAKYAT MENGGUNAKAN BAHAN FINISHING VERNIS


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh perlakuan metode pengeringan kayu terhadap kualitas produk kerajinan kayu kususnya kayu jati rakyat pada proses finishing menggunakan vernis dengan metode aplikasi disemprot dan dikuas.
Rancangan Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (Factorial Randomized Design) dengan 2 faktor. Faktor perlakuan pengeringan yaitu: A1 = Tidak dikeringkan, A2 = Kering alami, A3 = Kering oven. Faktor perlakuan metode aplikasi finishing yaitu: B1 = Disemprot, B2 = Dikuas. Parameter yang diukur yakni : Lama kering bahan finishing vernis dengan teknik disemprot dan dikuas, kesan raba hasil finishing vernis dengan teknik disemprot dan dikuas dan tingkat kekurangan kadar air kayu jati rakyat sebagai contoh uji.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengeringan kayu yang dilakukan tidak memberikan pengaruh nyata kepada lama kering bahan finishing. Namun terdapat kecenderungan yang menunjukkan bahwa rata – rata lama kering bahan finishing lebih baik terdapat pada pengeringan oven. Lama kering bahan finishing paling cepat yaitu 13,60 menit pada tahapan pertama, 21,00 menit pada tahapan kedua dan tahapan ketiga 37,80 menit. Metode pengeringan yang dilakukan menghasilkan rata – rata kesan raba agak halus ( grade 2 ). Namun cara aplikasi bahan finishing pada kayu menunjukkan rata ¬–rata kesan raba yang halus (grade 3 ) yang didapat pada cara aplikasi dengan cara disemprot.


Kata kunci : Pengeringan, Kualitas, Kerajinan Kayu, Jati, Fisnishing Vernis

LOADING LIST...
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...