Ir. Sugeng Wahyudiono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN JATI PUTIH (Gmelina arborea Roxb) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DI YOGYAKARTA


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian lahan tanaman Jati Putih dengan mengetahui kelas kesesuaian lahan sesuai dan tidak sesuai pada wilayah yang ada di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kesesuaian lahan tanaman Jati Putih mengacu pada kelima parameter berupa kelerengan, tinggi tempat, curah hujan, jenis tanah, dan penggunaan lahan. Pada parameter tersebut perlu dilakukan kajian mengenai syarat tumbuh Jati Putih agar dapat mengklasifikasi lahan yang sesuai dari tempat tumbuh dengan syarat tumbuh Jati Putih.
Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan mengklasifikasi syarat tumbuh Jati Putih menggunakan teknik skoring dan overlay atribut data spasial pada aplikasi Sistem Informasi Geografi (SIG). teknik skoring dilakukan dengan 2 penilaian yaitu skor 2 untuk kelas sesuai, sedangkan skor 1 untuk kelas tidak sesuai. Dari atribut data spasial tersebut akan dilakukan skoring dan overlay sehingga didapat satu peta yang menunjukan kelas kesesuaian lahan tanaman Jati Putih yang ada di Kabupaten Sleman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total luas wilayah Kabupaten Sleman sebesar 57.482 Ha terdapat luas wilayah yang sesuai untuk budidaya tanaman Jati Putih yaitu 10.362,92 Ha dengan presentase (18%) dan luas tidak sesuai 47.119,08Ha dengan presentase (82%).

LOADING LIST...
adrianusconteriussiga@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...