Erick Firmansyah, SP. M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS JERAMI PADI DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kompos jerami padi dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, penelitian dilakukan di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret hingga juni 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu pemberian pupuk kompos jerami padi yang terdiri dari 4 aras, 0 (control), 25%, 35%, 50%. Faktor kedua adalah Volume penyiraman yang terdiri dari 3 aras, 100ml,150ml,200ml .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kompos jerami padi menunjukan pengaruh pada tinggi tanaman, diameter batang, berat segar tajuk dan berat kering atjuk. Hasil analisis menunjukan bahwa media tanah dengan pemberian pupuk kompos 50% menunjukan tinggi tanaman, diameter batang, berat segar tajuk dan berat kering tajuk yang lebih baik. Sedangkan pada volume penyiraman tidak memberikan pengaruh nyata terhadap seluruh parameter yang meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat segar tajuk, berat segar akar, berat kering tajuk, berat kering akar, volume akar dan panjang akar.
LOADING LIST...
septianpersib33@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...