Ir. Retni Mardu Hartati, SU (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KEONG DENGAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI(Cappsicum annum L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk keong dengan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabe. Penelitian ini dilakukan di lahan sekitar Maguwoharjo pada bulan april-juli 2018.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) disusun dalam dua factor. Factor pertama adalah frekuensi pupuk keong yang terdiri dari 4 aras yaitu : konsentrasi 0% atau kontrol, konsentrasi 5%, konsentrasi 15% dan konsentrasi 25% dan factor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 2 aras yaitu : penyiraman air 1 hari 2x dan penyiraman air 1 hari 1x. Data dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance), dan untuk mengetahui perbedaan dalam perlakuan diuji lanjut dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi dan beda nyata antara jenis pupuk keong dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabe. Hal ini berarti kebutuhan hara pada tanaman sudah mencukupi sehingga penambahan unsur hara pada keong tidak mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman cabe yang disebabkan karena senyawa pada keong belum seluruhnya terdekomposisi dan diduga tanah regosol mempunyai drainase yang buruk sehingga kemampuan untuk menyerap air dan unsur hara yang sangat rendah dan pada frekuensi 1hari 1x dan 1hari 2x tidak mencukupi untuk pertumbuhan dan hasil tanaman cabe.
Kata Kunci: Pemberian pupuk keong, frekuensi penyiraman dan tanaman cabe

LOADING LIST...
umarego23@gmail.com
Ir. Retni Mardu Hartati, SU (P) - Personal Name
M.UMAR EGO SATRIA - Personal Name
Arif Umami, S.Si.,M.Sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...