Dr. Ir. Herry Wirianata, MS.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PRODUKSI KELAPA SAWIT DAN KERAGAAN TANAMAN YANG DIAPLIKASI DENGAN LCPKS DAN PUPUK ANORGANIK



Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh aplikasi LCPKS dan pupuk anorganik terhadap produktivitas kelapa sawit telah dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2018 di perkebunan kelapa sawit PT. Swadaya Mukti Prakarsa yang terletak di Kecamatan Melanau, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Utara.
Penelitian dilakukan dengan metode survei agronomi pada areal yang sudah diidentifikasi berdasarkan tahun tanam dan kesesuaian lahan untuk mengumpulkan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan pengamatan dan pengukuran beberapa karakter agronomi sampel tanaman pada 3 blok tanaman yang diaplikasi pupuk anorganik dan 3 blok yang diaplikasi pupuk organik. Disamping itu juga menggunakan data-data sekunder yang meliputi data produksi TBS (ton/ha) dari tahun 2017-2018, jenis dan dosis pupuk dari tahun 2016-2017, data curah hujan dari tahun 2011-2017, dosis aplikasi LCPKS, hasil analisis kandungan hara LCPKS, kelas kesesuaian lahan, dan jenis tanah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t pada jenjang nyata 5% dengan membandingkan karakter agronomi dan produksi antara lahan yang diaplikasi limbah cair pabrik kelapa sawit (LCPKS) dan lahan yang diaplikasi pupuk anorganik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lahan yang diaplikasi pupuk anorganik dan lahan yang diaplikasi dengan LCPKS memberikan pengaruh yang hampir sama terhadap produksi kelapa sawit. Aplikasi LCPKS memberikan pengaruh yang sama dengan aplikasi pupuk anorganik terhadap semua karakter agronomi tanaman kelapa sawit.




Kata kunci : produksi, LCPKS, karakter agronomi

LOADING LIST...
h4rd1kn45@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...