Ir. Retni Mardu Hartati,SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PRODUKTIVITAS KELAPA SAWIT PADA LAHAN DENGAN TOPOGRAFI BERBEDA


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui produktivitas tanaman kelapa sawit yang di usahakan di lahan dengan topografi datar dan miring, yang dilaksanakan di PT. Ketapang Agro Lestari, kebun Sei Tuang,Kecamatan Siluq Ngurai , Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, dari tanggal 1 November sampai 27 Desember 2018.
Penelitian dilaksanakan menggunakan survey agronomi untuk memilih dan mengetahui lokasi pengambilan sampel tanaman untuk mendapatkan data primer dan data sekunder yang diminta dari kantor kebun. Data primer yaitu diameter batang,tinggi tanaman, panjang pelepah, diameter pelepah, lebar petiole, berat tandan, jumlah bunga jantan, jumlah bunga betina, dan untuk mengetahui sex ratio. Data sekunder yaitu data produksi tahun 2015-2018, data pemupukan tahun 2014-2017, data curah hujan tahun 2012-2017. Data diolah menggunakan uji t dengan janjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi tanaman kelapa sawit di lahan datar dibandingkan dengan lahan miring tidak berbeda nyata pada jenjang 5% dengan menggunakan uji t. Produksi pada tahun 2015 pada lahan datar sudah hampir mendekati potensi produksi dari kelas lahan S2 pada varietas Dami Mas dengan selisih 0,34 ton/ha. Sebagian besar dari pengukuran sifat agronomi tanaman pada lahan datar dengan lahan miring tidak berbeda nyata kecuali pada berat janjang yang menunjukkan hasil berbeda nyata.
LOADING LIST...
alen.farkliw@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...