Ir. Surodjo Taat Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Bentuk Pemberian Hormon IBA Terhadap Daya Bertahan Hidup dan Daya Berakar Stek Pucuk Eucalyptus pellita di Baserah Central Nursery


Keberhasilan stek pucuk untuk berakar sangat beragam, tergantung pada tanaman, lingkungan dan perlakuan-perlakuan yang diberikan. Faktor tanaman yang mempengaruhi keberhasilan stek pucuk yaitu umur tanaman dan kondisi tanaman, faktor lingkungan yaitu air, temperatur, cahaya, dan media tanam dan faktor perlakuan yang mempengaruhi yatu pemberian hormon. Agar stek mempunyai perakaran yang baik diberi pengaplikasian hormon. Hormon ini secara alami sudah terdapat dalam tanaman akan tetapi untuk meransang perakaran stek maka perlu ditambahkan dalam bentuk dan konsentrasi tertentu.
Penelitian dilakukan di Baserah Central Nursery PT RAPP, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan satu faktor perlakuan. Parameter yang diamati meliputi: daya bertahan hidup berdasarkan kelas tinggi dan persentase daya berakar semai Eucalyptus pada umur 30 hari setelah pengaplikasian bentuk pemberian hormon IBA.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan bentuk pemberian hormon IBA berpengaruh nyata terhadap persentase daya berakar semai Eucalyptus sp. pada umur 30 hari, sedangkan pada daya bertahan hidup semai berdasarkan kelas tinggi tidak berpengaruh nyata. Persentase daya berakar semai terbesar diperoleh dari perlakuan bentuk pemberian hormon IBA tepung dengan rerata 83,6%. Persentase daya berakar semai terkecil diperoleh dari perlakuan tanpa IBA dengan rerata 63,6%.

LOADING LIST...
marnelwindra01@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...