HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PERBANDINGAN DAUN DAN RANTING TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS MINYAK Eucalyptus alba


PENGARUH PERBANDINGAN DAUN DAN RANTING TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS MINYAK Eucalyptus alba

Irene Anjela Mugar ; Hastanto Bowo Woesono ; Didik Surya Hadi

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah perbandingan daun dan ranting terhadap hasil rendemen dan kualitas minyak Eucalyptus, pengaruh lama penyimpanan daun dan ranting terhadap hasil rendemen dan kualitas minyak Eucalyptus dan interaksi jumlah persentase serta lama penyimpanan daun dan ranting terhadap hasil rendemen dan kualitas minyak Eucalyptus. Penelitian dilaksanakan di Kebun Njero, Tajem, Yogyakarta, Laboratorium Fakultas Kehutanan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta dan Laboratorium Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada bulan Februari 2019.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) atau Complete Randomized Design (CRD). Rancangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rancangan faktorial acak lengkap yang terdiri atas 2 faktor yaitu: persentase daun dan ranting dan aktor lama penyimpanan.
Hasil penelitian menunjukan jumlah perbandingan daun dan ranting tidak memberikan pengaruh terhadap hasil rendemen dan kualitas minyak Eucalyptus. Lama penyimpanan daun dan ranting berpengaruh terhadap hasil rendemen dan kadar sineol, tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap berat jenis, warna, indeks bias, kelarutaan dalam alkohol, dan putaran optik. Penyimpanan daun dan ranting selama 3 hari memberikan hasil rendemen yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penyimpanan selama 1 hari, tetapi tidak lebih tingi jika dibandingkan dengan penyimpanan selama 5 hari. Penyimpanan daun dan ranting selama 5 hari memberikan nilai kadar sineol yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan penyimpana selama 1 hari dan 5 hari. Interaksi jumlah perbandingan serta lama penyimpanan daun dan ranting tidak memberikan pengaruh terhadap hasil rendemen dan kualitas minyak Eucalyptus alba.

LOADING LIST...
jhejemugar@gmail.com
HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP - Personal Name
Irene Anjela Mugar - Personal Name
Didik Surya Hadi S. Hut, MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...