Erick Firmansyah, SP. M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS RUMEN KAMBING DAN FREKUENSI PENYIRAMAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara dosis rumen kambing dan frekuensi penyiraman air kelapa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.). Penelitian dilakukan di Desa Tijayan, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian dilakukan dari bulan April sampai Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu dosis rumen kambing (regusol, 100, dan 300 g) dan faktor kedua yaitu frekuensi penyirman air kelapa ( kontrol, 3 , dan 6 hari sekali), dengan 5 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5%, apabila ada beda nyata maka diuji lanjut menggunakan DMRT.
Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi nyata antara pengaruh dosis rumen kambing dan penyiraman air kelapa pada parameter berat tanaman bagian atas dan tekstur rasa. Kombinasi perlakuan dosis rumen kambing 300 g dan tanpa air kelapa memberikan hasil terbaik terhadap perumbuhan dan hasil tanaman selada.

Kata kunci : rumen, air kelapa, selada, media tanam

LOADING LIST...
iandanarkoyk@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...