Ir. H. Rawana, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERAMBAHAN KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK (STUDI KASUS DESA CIANAGA KECAMATAN KABANDUNGAN KABUPATEN SUKABUMI)


Permasalahan yang sering ditemui di Taman Nasional adalah Perambahan hutan dimana saat ini menjadi masalah utama yang mudah ditemui terutama pada kawasan yang berbatasan langsung dengan permukiman penduduk. Pertambahan jumlah penduduk akan memicu permintaan lahan baik untuk permukiman maupun untuk kegiatan lainnya. Kegiatan di dalam Taman Nasional sebenarnya sangat terbatas bahkan tidak ada toleransi selain untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya, pariwisata dan rekreasi.
Penelitian ini menggunakan dengan menggunakan metode purposive sampling, yakni pengambilan sampel secara sengaja berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Penentuan sampel menggunakan rumus Solvin dengan sampel yang didapat sebanyak 71 responden dari total populasi 242 maasyarakat penggarap. Analisis secara deskriptif hubungan antara variabel terpengaruh dan veriabel pengaruh. Variabel terpengaruh (Y) yang diuji adalah luas lahan garapan di dalam kawasan, sedangkan sebagai variabel pengaruh (X) adalah Karakteristik sosial ekonomi penggarap, meliputi jumlah tanggungan keluarga (x1), Tingkat Usia kerja (x2), Tingkat pendapatan (x3), Tingkat pendidikan (x4), Jarak lahan garapan didalam kawasan dengan tempat tinggal (x5), Lama menggarap (x6), Luas lahan milik pribadi (x7).
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi terhadap perambahan lahan di Kawasan Taman Nasional Gunug Halimun-Salak adalah Tingkat Usia penggarap, Tingkat Pendidikan, Lama Menggarap. Motif Masyarakat untuk melakukan kegiatan perambahan, adalah Tidak adanya lahan garapan lain, Kebutuhan ekonomi, Tidak adanya pekerjaan lain selain menggarap lahan di dalam kawasan, dan Meneruskan lahan dari orang tua.

LOADING LIST...
diansinggih4@gmail.com
Ir. H. Rawana, MP - Personal Name
H. M. Darul Falah, S.Hut., MP (P) - Personal Name
Singgih Dian Hartono - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...