Titin Setyorini, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENYIRAMAN AIR KELAPA DAN BERBAGAI MACAM PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN HASIL TANAMAN JAGUNG SAYUR (Zea mays L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyiraman air kelapa dan berbagai macam pupuk organik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung sayur (Zea Mays L). Penelitian telah dilaksanakan di Sopalan Desa Maguwoharjo, Kec Depok, Kab Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini di lakukan pada bulan Mei sampai bulan Juli 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dengan rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dengan rancangan acak lengkap (RAL). Faktor pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri atas 3 aras (tanpa pemberian pupuk/kontrol, bioslurry, dan kotoran ayam). Faktor 2 yaitu konsentrasi air kelapa yang terdiri atas 4 aras (kontrol, 150, 200, dan 250ml/l). Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam (analisis of variance) pada jenjang nyata 5%. Untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan digunakan uji DMRT (Duncan's Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%
Perlakuan macam pupuk organik, dan konsentrasi air kelapa menunjukkan ada interaksi nyata pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, berat segar akar, berat kering akar, berat segar batang. Pada perlakuan bioslurry dengan konsentrasi air kelapa 250 ml/l menunjukkan hasil yang terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat segar akar, berat kering akar, bobot tongkol bersih .
LOADING LIST...
RichiRikarson@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...