DIDIK SURYA HADI.S.Hut.MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENDUGAAN CADANGAN KARBON PADA TEGAKAN SONOKELING (Dalbergia latifolia) DI HUTAN ADAT KECAMATAN BIBOKI TAN PAH KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR


PENDUGAAN CADANGAN KARBON PADA TEGAKAN SONOKELING (Dalbergia latifolia) DI HUTAN ADAT KECAMATAN BIBOKI TAN PAH KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA PROVINSI NTT
INTISARI
Karbon merupakan salah satu unsur yang mengalami daur dalam ekosistem. Dimulai dari karbon yang ada di atmosfer berpindah melalui tumbuhan hijau (produsen), konsumen, dan organisme pengurai, kemudian kembali ke atmosfer. Di atmosfer karbon terikat Dalam bentuk senyawa karbon dioksida (CO2). Secara umum biomassa merupakan bahan yang dapat diperoleh dari tanaman baik secara langsung maupun tidak langsung dan dimanfaatkan sebagai energi dalam jumlah yang sangat besar. Biomassa juga disebut sebagai “fitomassa” dan sering kali diterjemahkan sebagai bioresource atau sumber daya yang diperoleh dari hayati. Basis sumber daya ini meliputi ratusan bahkan ribuan spesies tanaman daratan dan lautan, berbagai sumber pertanian, perhutanan dan limbah residu dari proses industri serta kotoran hewan. Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik, baik berupa produk maupun buangan.
Bersumber dari uraian di atas sampai sekarang untuk menduga cadangan persediaan karbon di hutan sudah banyak namun untuk mengetahui cadangan karbon yang ada pada hutan adat dan khususnya kayu Sonokeling (Dalbergia latifolia) masih sangat terbatas, maka perlu dilakukan penelitian mengenai pendugaan cadangan karbon pada tegakan Sonokeling (Dalbergia latifolia) di hutan adat Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui potensi simpanan karbon pada tegakan Sonokeling di Hutan Adat. (2) Mengetahui biomassa pada tegakan Sonokeling di Hutan Adat.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa potensi simpanan karbon pada tegakan sonokeling sebanyak (27,79 x 103) kg/Ha, sedangkan total biomassa dari tegakan sonokeling sebanyak (37,58 x 103) Kg/Ha.

Kata kunci : karbon, biomassa, sonokeling dan hutan adat

LOADING LIST...
erichomautin16846@gmail.com
DIDIK SURYA HADI.S.Hut.MP - Personal Name
HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP(P) - Personal Name
Ericho Mautin - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...