Ir. Sri Gunawan MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMETAAN POLA SEBARAN SENGKLEH PELEPAH DI KEBUN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk memetakan sebaran sengkleh yang ada di kebun kelapa sawit, dan mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya sengkleh pelepah. Penelitian dilaksanakan di PT. Mamuang Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus - Oktober 2018.
Penelitian dilakukan dengan cara mengambil sampel titik pokok tanaman berdasarkan umur dan dibagi menjadi dua kategori yaitu tanaman menghasilkan (TM) remaja dan tanaman menghasilkan (TM) dewasa. Pada tanaman sampel dihitung jumlah pelepah yang patah dan dilihat penyebabnya apakah disebabkan oleh hama, teknis perawatan atau penyakit. Penggunaan GIS (Geographic Information System) bertujuan untuk menganalisa data secara spasial dengan metode interpolasi IDW (Inverse Distance Weight).
Lokasi penelitian dilakukan di afdeling alfa blok 13 yang memiliki luas 30,8 ha dan blok 16 yang memilik luas 25,6 ha. Blok 13 memiliki 4.188 pokok tanaman dan blok 16 memiliki 3.576 pokok tanaman. Seluruh afdeling di PT. Mamuang menggunakan bibit varietas Marihat. Keseluruhan total sampel tanaman pada blok 13 sebanyak 57 tanaman dan pada blok 16 sebanyak 52 tanaman sampel. Pengambilan sampel pokok tanaman dilakukan dimulai dari baris ke 3, 13, 23, 33, 43, 53, 63, 73,83, 93, 103 dan pada tiap baris dimulai pada pokok ke 5, 10, 15, 20, 25, dan 30. Dari kedua blok yang diteliti terdapat perbedaan jumlah pokok tanaman yang terkena sengkleh pelepah. Pada blok 13 terdapat pokok tanaman yang terkena sengkleh pelepah dan masuk kedalam kategori serangan rendah, serangan sedang, dan serangan tinggi. Pada blok 16 hanya terdapat pokok tanaman yang terkena sengkleh pelepah dan masuk kedalam kategori serangan rendah dan serangan sedang. Pada blok 13 ditemukan satu pokok tanaman yang memiliki jumlah 10 pelepah sengkleh yang merupakan jumlah sengkleh pelepah tertinggi. Pada penelitian ini sengkleh pelepah yang terjadi di blok 13 dan 16 banyak disebabkan oleh umur tanaman dan kesalahan teknis dalam panen.

LOADING LIST...
muhammadriyanda.fitra@gmail.com
Ir. Sri Gunawan MP - Personal Name
M. RIYANDA FITRA - Personal Name
Betti Yuniasih, S.Si., M.Sc (p) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER YOGYAKARTA
2019
yogyakarta
LOADING LIST...