E. Nanik Kristalisasi, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBAKTERIA (PGPR) DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PGPR dan media tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus). Penelitian dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta di Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai bulan bulan Agustus sampai bulan Oktober 2018.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi PGPR (kontrol, 5, 15, dan 25 ml/liter) dan faktor kedua yaitu komposisi media tanam tanah regusol : pupuk kompos (tanah regusol, 1:1, dan 1:2), dengan 5 kali ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam pada jenjang nyata 5 % jika ada beda nyata antar perlakuan, diuji menggunakan DMRT jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara konsentrasi PGPR dengan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun, konsentrasi PGPR tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun., dan pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun terbaik diperoleh pada komposisi media tanam tanah regusol : pupuk kompos (1:1).

Kata kunci : mentimun, PGPR, tanah regusol, pupuk kompos.
LOADING LIST...
dwirianwardana@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...