Ir. Trismiaty, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP TINGKAT PRODUKSI PADI DI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL


INTISARI
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian terhadap tingkat produksi padi, sikap petani, hingga respon petani terhadap program penyuluh pertanian. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu pelaksanaan penelitian ini dimulai dari bulan Desember hingga bulan Januari.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis deskriptif. Penentuan pengambilan sampel menggunakan sampel acak (Random Sampling) yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada populasi untuk dijadikan sampel. Dalam hal ini jumlah sampel yang dibutuhkan berjumlah 30 responden dari petani dan 5 responden untuk penyuluh pertanian.. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari lembaga terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata masyarakat petani yang tergabung dalam kelompok tani sangat setuju bahwa peran penyuluh pertanian dapat meningkatkan produksi padi di Kecamatan Sewon. Selain itu Kondisi sosial berdasarkan partisipasi masyarakat petani sangat lah baik, dilihat dari partisipasi petani untuk gabung dalam Kelompok Tani di tiap desa.
Kata kunci : Peran Penyuluh, Produksi padi

LOADING LIST...
muhammad24uham@gmail.com
Ir. Trismiaty, MP (P) - Personal Name
MUHAMMAD UHAM - Personal Name
Dr. Ismiasih,S.TP., M.sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...