Ir. Enny Rahayu, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LIMBAH CAIR PABRIK TAHU DAN INTERVAL PENYIRAMANNYA PADA PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWI DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah cair pabrik tahu dan interval penyiramannya maupun interaksi keduanya terhadap pertumbuhan kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 02 Maret 2018 sampai 04 Juni 2018 di kebun masyarakat di samping GMT, terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (CRD) dengan pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah kosentrasi limbah cair pabrik tahu yang terdiri 4 aras : kontrol (A0), 100 ml (A1), 200 ml (A2), 300 ml (A3). Sedangkan faktor kedua adalah interval waktu penyiraman limbah cair pabrik tahu terdiri dari tiga aras yaitu : 3 hari sekali, 5 hari sekali, dan 7 hari sekali. Kombinasi perlakuan diulang 5 kali dari kedua faktor dibutuhkan 4 x 3 x 5 = 60 tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara dosis limbah pabrik tahu dengan interval waktu penyiraman limbah pabrik tahu terhadap semua parameter pertumbuhan kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan interval waktu penyiraman limbah tahu tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pada parameter tinggi bibit tanaman, jumlah daun, luas daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, panjang akar tunjang, berat segar akar, berat kering akar, dan diameter batang. Pemberian pupuk limbah cair pabrik menghambat pertumbuhan kelapa sawit, dengan perlakuan terbaik yaitu tanpa pemberian limbah cair pabrik tahu (kontrol).

LOADING LIST...
alfrianopakpahan@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...