Ir. Listiyani, Ms (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENERAPAN SOP (STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR) PANEN DI PT ANDES AGRO INVESTAMA CARGILL TROPICAL PALM DI KETAPANG KALIMANTAN BARAT


ABSTRAK
Perkebunan kelapa sawit merupakan suatu usaha jangka panjang. Dengan demikian, dibutuhkan pengelolaan serta penanganan yang serius sehingga usaha tersebut diharapkan memberikan keuntungan yang optimal. Keberhasilan dalam usaha perkebunan kelapa sawit sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah penerapan SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam pelaksanaan kegiatan kerja.
Penelitian ini dilakukan di PT. Andes Agro Investama Cargill Tropicall Palm di desa Kedondong kecamatan Kendawangan, Ketapang Kalimantan Barat. metode yang digunakan adalah deskriptifdan kuantitatif dengan metode penentuan sampel menggunakan metode sampling sensus sehingga diperoleh responden berjumlah 66 orang karyawan panen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Standar Operasinal Prosedur (SOP) untuk kegiatan panen mengenai aspek keselamatan pemanen telah diterapkan dengan baik dengan perolehan skor sebesar 260,1 dengan nilai 78,82% dari 100%. SOP mengenai teknis pekerjaan panen telah diterapkan dengan baik dengan perolehan skor sebesar 244,1 dengan nilai indeks 73,97% dari 100%. SOP mengenai budaya kebun telah diterapkan dengan baik dengan perolehan skor sebesar 258,8 dengan nilai indeks 78,42% dari 100%.

LOADING LIST...
lilikindrianismbpa@gmail.com
Ir. Listiyani, Ms (P) - Personal Name
Fitri Kurniawati, SP, MP - Personal Name
LILIK INDRIANI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKATA
LOADING LIST...