Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS HERBISIDA AMMONIUM GLUFOSINAT DENGAN PENAMBAHAN METHIL METSULFURON UNTUK MENGENDALIKAN GULMA Stenochlaena palustris DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian lapangan ini dilaksanakan di PT. Bumitama Gunajaya Agro, Region 4A, Area 6A, Sungai Tapah Estate (STHE), Kec. Kendawangan, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat. Waktu penelitian dimulai pada bulan Agustus 2018 sampai Oktober 2018.Penelititian ini dilakukan untuk mengetahui konsentrasi herbisdida ammonium glufosinat dan methil metsulfuron yang tepat dalam mengendalikan gulmaStenochlaena palustris pada perkebunan kelapa sawit.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan 3 kali ulangan, faktor pertama adalah konsentrasi herbisida ammonium glufosinat yang terdiri dari 3 konsentrasi yaitu: 150 ml/cap (A1), 100ml/cap (A2), dan 50ml/cap (A3). Faktor kedua adalah konsentrasi methil metsulfuron yang terdiri dari 4 konsentrasi yaitu: 0 g/cap (M0), 15 g/cap (M1), 10 g/cap (M2), dan 5 g/cap (M3).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi herbisida ammonium glufosinat dan methil metsulfuron memberikan interaksi nyata terhadap tingkat kerusakan gulma pada 2, 6, 7, 8 minggu setelah aplikasi herbisida (MSA), namun tidak terdapat interaksi nyata pada pengamatan di minggu lainnya.Tingkat kerusakan gulma 8 MSA menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi ammonium glufosinat dengan konsentrasi 150 ml/cap nyata lebih baik dari konsentrasi 100 ml/cap dan konsentrasi 50 ml/cap.Pengaruh perlakuan konsentrasi methil metsulfuron tidak berbeda nyata dengan perlakuan tanpa methil metsulfuron.Konsentrasi ammonium glufosinat150 ml/cap pada berbagai kombonasi konsentrasi methil metsulfuron efektif mengendalikan gulma sampai 8 minggu setelah aplikasi herbisida.


Kata kunci :herbisida, konsentrasi, stenochlaena palustris, ammonium glufosinat, methil metsulfuron.
LOADING LIST...
taufiqurohmanrizki@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...