Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMASARAN BUAH NAGA DIKECAMATAN BANGOREJO KABUPATEN BANYUWANGI JAWA TIMUR


Penelitian dilakukan di Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi pada bulan februari 2018. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu metode purposive sampling dengan jumalah responden sebanyak 70 orang yang terbagi atas 30 orang petani, 20 orang pengepul dan 20 orang pengecer.
Rumusan penelitian meliputi bagaimana saluran pemasaran buah naga pada saat musim panen di Kec. Bangorejo, Kab. Banyuwangi, Prov. Jawa Timur, berapa besarnya laba dan margin pelaku pemasaran di setiap saluran dan berapa biaya farmer’s share bagian yang di dapat petani.
Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan diperoleh saluran pemasaran yang digunakan di Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi memiliki tiga saluran pemasaran meliputi petani-pengepul-pengecer-konsumen, petani-pengepul-konsumen dan petani-pengecer-konsumen. Margin harga terbesar pada pengepul dengan keuntungan seluruh grade sebesar Rp 12.53 per kg, dan untuk pengepul margin harga terbesar berada pada saluran I dengan margin harga pembelian dan penjualan sebesar Rp 8.467 per kg, Efisiensi saluran pemasaran buah naga dengan laba terbesar yaitu dengan menggunakan saluran I. Pengecer memiliki laba terbesar jika menggunakan saluran pemasaran dua.
LOADING LIST...
primaaffandi18@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...