Doni Irwansyah; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kondisi Sosial Ekonomi Petani Plasma dan Pemanen Kelapa Sawit PT Bumitama Gunajaya Agro Studi Kasus: Desa Banjarsari, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang


Penelitian ini bertujun untuk mengetahui kondisi sosial dan ekonomi petani Pemanen dan petani plasma.
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif . Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan sampel yaitu Snowball Sampling dengan jumlah responden 15 Pemanen dan 15 petani plasma. Metode analisis data yaitu deskriptif Komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi petani kelapa sawit PT Bumitama Gunajaya Agro di Desa Banjarsari, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang secara keseluruhan sudah baik. Hal ini dikarenakan pendapatan bersih yang diterima untuk Pemanen sebesar Rp 2.353.333 dan petani plasma sebesar Rp 1.473.326. Sedangkan kondisi sosial petani yaitu: (a) Tingkat pendidikan Pemanen dan petani plasma sudah cukup baik yaitu berpendidikan SMA dengan persentase 46,66%; (b) Jumlah tanggungan kelurga Pemanen paling banyak 2 orang dengan persentase 46,67%. Sedangkan untuk petani plasma jumlah tanggungan keluarga 1 dan 3 orang dengan persentase sama 26,66%; (c) Gotong royong untuk Pemanen sebanyak 2 kali dengan persentase 100%, sedangkan untuk petani plasma sebanyak 1 kali dengan persentase 100%; (d) Interaksi tetangga oleh pemanen sebanyak 10 kali dengan persentase 26,67%, Sedangkan untuk petani plasma sebanyak 8 orang dengan 5 kali silahturami dengan persentase 53,33%; dan (e) Keikutsertaan pemanen dan Petani Plasma dalam organisasi masyarakat untuk pemanen dan petani plasma dengan jumlah yang sama yaitu hanya 1 orang dengan persentase 6,67%.

Kata kunci : Kondisi Sosial, Kondisi Ekonomi

LOADING LIST...
doniinstiper@gmail.com
Doni Irwansyah - Personal Name
Ir.Listiyani,MP (P) - Personal Name
Istiti Purwandari,SP.,MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...