M. Darul Falah, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA PENERAPAN COUPE MANAGEMENT SYSTEM HARVESTING MINERAL SOIL


Full compartement merupakan metode manajemen areal yang sebelumnya diterapkan oleh PT. RAPP. Penerapam metode full compartement dianggap kurang efektif dalam pengelolahan areal, sehingga kegiatan harvesting yang dilakukan dianggap lebih lama. Coupe management system (CMS) merupakan metode baru yang dianggap cukup praktis diterapkan dalam pengelolahan areal, sehingga proses pengerjaan areal menjadi lebih cepat dan lebih baik kualitas hasilnya dibandingkan metode full compartement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode coupe management system di lahan mineral.
Penelitian ini dilakukan di compartement H. 064, H.052, H.062, H.058, F.016, O.023, O.019, G.020, Estate Baserah PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper). Penelitian ini dilakukan pada tegakan Eucalyptus di tanah mineral. Parameter yang diamati dalam penelitian adalah lama waktu kegiatan harvesting dan hasil assessment. Data yang telah diperoleh dikumpulkan sesuai dengan tujuan analisi dan dijadikan pembanding antara metode CMS dan full compartement. Data yang elah dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan uji T.
Adapun hasil penelitian menunjukan metode CMS memiliki rata rata nilai RWA sebesar 1,84 M3, HQA sebesar 3,12, dan lama waktu pengerjaan kegiatan harvesting 3,5 minggu. Sedangkan metode full compartement memiliki rata rata nila RWA sebesar 2,2 M3, HQA sebesar 2,97 dan lama waktu pengerjaan kegiatan harvesting 7,72 minggu. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata rata nilai RWA dan HQA pada metode CMS menunjukan perbedaan yang tidak nyata terhadap RWA dan HQA pada metode full compartement. pada parameter lama waktu kegiatan harvesting, metode CMS menunjukan hasil yang berbeda nyata terhadap lama waktu pengerjaan kegiatan harvesting pada metode full compartement

LOADING LIST...
gohanhua98@gmail.com
M. Darul Falah, S.Hut, MP - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP (p) - Personal Name
DIO - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...