Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH EKSTRAK KULIT PISANG SEBAGAI PUPUK ORGANIK DAN KONSENTRASI ARANG SEKAM TERHADAP HASIL TANAMAN SELADA


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit pisang sebagai pupuk organik dan pengaruh konsentrasi arang sekam serta interaksinya terhadap hasil tanaman selada telah dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan april 2018.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan percobaan Faktorial yang terdiri dari 2 Faktor yang tersusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) Completely Randomized Design (CRD). Faktor pertama adalah volume ekstrak kulit pisang yang terdiri dari 4 aras, yaitu P0 = tanpa pemberian volume ekstrak kulit pisang (kontrol), P1 = volume 20 ml, P2 = volume 40 ml, P3 = volume 60 ml. Faktor kedua adalah konsentrasi arang sekam yang terdiri dari 3 aras, yaitu S0 = tanpa arang sekam = 0 %, S1 = konsentrasi arang sekam dan regusol = 66 % dan S2 = konsentrasi arang sekam dan regusol = 75 %. Diperoleh 4 × 3 = 12 kombinasi perlakuan diulang sebanyak 4 kali, sehingga diperoleh 48 jumlah tanaman. Data dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5 %. Bila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan menggunakan DMRT (Duncan Multiple Range Test) jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada interaksi nyata pada kombinasi antara volume ekstrak kulit pisang dan konsentrasi arang sekam perbedaan yang nyata terhadap parameter berat segar tanaman bagian atas. Hasil terbaik adalah kombinasi tanpa ekstrak kulit pisang dan konsentrasi arang sekam dan regusol = 75 %. Tetapi tidak terjadi interaksi nyata antara volume ekstrak kulit pisang dan konsentrasi arang sekam pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat seluruh tanaman, berat segar akar dan volume tanaman. Perlakuan terbaik adalah tanpa mengunakan volume ekstrak kulit pisang pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat seluruh tanaman, berat segar akar dan volume tanaman.
Kata kunci : selada, regusol, ekstrak kulit pisang, konsentrasi arang sekam.


LOADING LIST...
@nsilo7977gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...