Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMAKAIAN WATER DILUTION DENGAN MENGGUNAKAN HOT WATER DAN RECYCLE CONDENSATE


Air pengencer (water dilution) merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam menunjang proses produksi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari crude oil. Tujuan pelaksanaan penelitian dilakukan untuk menghasilkan water dilition dari condensate dan hot water yang mampu melakukan pemisahan antara zat yang terkandung dalam minyak seperti emulsi, water, sludge, dan dirt dan juga diharapkan mampu mengurangi nilai FFA yang terlalu tiznggi pada CPO.
Pelaksanaan penelitian untuk menghasilkan water dilution yang efektif dilakukan dengan cara menentukan perbandingan condensate dan hot water sebagai water dilution yang digunakan untuk variasi penambahan pada UNCO output mesin press.
Hasil identifikasi menunjukkan perbandingan yang paling baik yaitu dengan variasi 30 % condensate dan 70 % hot water dimana nilai FFA 3.25 % lebih kecil dibandingkan dengan nilai FFA 4.25 % yang diperoleh dari penggunaan condensate saja sebagai water dilution. Selain itu, kalibrasi debit bukaan valve v-nocth tank bukaan valve ¼ atau skala 25 % dipilih karena memberikan kualitas CPO produksi lebih baik dengan peningkatan oil in DCO 30.90 %, sedangkan nilai FFA 3.78 %, dan nilai DOBI 2.43 %. Untuk moisture dan dirt tidak begitu terpengaruh setelah pemberian water dilution.

Kata kunci: Condensate, hot water, variasi uji water dilution, dan kualitas CPO.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...