ANDY BAYU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI LAHAN DATAR DAN MIRING PADA TANAMAN MENGHASILKAN (TM) DI SUMATERA UTARA


Penelitian dengan tujuan Mengetahui komposisi gulma yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit di lahan miring dan datar pada Tanaman menghasilkan (TM) serta mengetahui jenis gulma yang dominan di lahan miring dan datar pada Tanaman menghasilkan (TM) telah dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2018 di PT. Perkebunan Nusantara III, kebun Sei Dadap III, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan cara melakukan analisis vegetasi, seperti metode garis, metode titik atau metode kuadrat. Metode yang digunakan berdasarkan pada keadaan vegetasi lahan, misalnya pada areal luas yang ditumbuhi dengan semak yang rendah, populasi rapat dan berkelompok dengan batas kelompok yang jelas maka digunakan metode garis. Metode titik digunakan pada lahan dengan vegetasi yang tumbuh menjalar, membentuk anyaman, rapat dan rendah. Sedangkan metode kuadrat digunakan pada lahan dengan vegetasi yang beragam
Hasil penelitian menunjukkan komposisi gulma di lahan dengan topografi datar berupa 9 jenis gulma tahunan dan 8 jenis gulma semusim. Komposisi gulma di lahan denga topografi miring terdiri dari 5 jenis gulma tahunan dan 2 jenis gulma semusim.Kelompok gulma di lahan dengan topografi datar komposisi gulma semusim dan tahunan berimbang, sedangkan lahan lahan dengan topografi miring didominasi gulma tahunan. Komunitas gulma antara lahan lahan dengan topografi datar dan topografi miring berbeda.
LOADING LIST...
Andybayu19@yahoo.com
ANDY BAYU - Personal Name
Prof. Dr. Ir. AT. Soejono (P) - Personal Name
Hangger Gahara Mawanda, SP, M. Sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...