Ir. Neny Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TOPOGRAFI TERHADAP HASIL KELAPA SAWIT (Elaeis guinensis Jack)


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh topografi yang berbeda terhadap produksi kelapa sawit (Elaeis guinensis Jack) telah dilaksanakan pada bulan September 2018 di PTP Nusantara IV di Tinjowan, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.
Penelitian ini menggunakan metode survei tanaman kelapa sawit untuk mengumpulkan data dengan pengamatan langsung di lapangan pada jenis topografi yang berbeda. Data merupakan hasil pengamatan secara langsung dan didukung dengan data sekunder yang digunakan sebagai data pendukung meliputi data di lapangan seperti topografi, varietas, umur tanaman, perawatan serta data curah hujan periode 5 tahun terakhir, data produksi 5 tahun terakhir dan data perawatan berupa pemupukan selama periode 5 tahun terakhir.. Data primer diklasifikasikan meliputi pengamatan langsung pada tanaman sampel
Hasil penelitian menunjukkan areal divisi III kebun Aek Nauli, PT.Perkebunan Nusantara IV terdiri dari areal topografi datar seluas 442 ha dengan persentase 53,68 %, areal topografi bukitan seluas 150 ha dengan persentase 18,08 %, dan areal dengan topografi miring seluas 220 ha dengan persentase 28,24 % dari total luas afdeling 812 ha. Areal topografi datar menghasilkan lebar petiol, tebal petiol serta jumlah pelepah paling baik dibandingkan dengan areal topografi lainnya. Topografi lahan tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman serta diameter batang kelapa sawit.
LOADING LIST...
imanuelzatmiko05@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYKARTA
LOADING LIST...