Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK NPK DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk NPK dan frekunsi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (RAL) atau CRD (Completety Radomized Design) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 4 aras N0 : Tanpa pupuk NPK (kontrol), N1 : 2 gram/tanaman, N2 : 4 gram/tanaman, N3 : 6 gram/tanaman. Faktor kedua yang mempengaruhi adalah frekunsi penyiraman terdiri dari 3 aras yaitu : F1 : penyiraman 1 kali sehari, F2 : Penyiraman 2 kali sehari, F3 : penyiraman 3 kali sehari. Dari kedua faktor tersebut terdapat 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan setiap perlakuan di ulang 5 kali sehingga jumlah seluruh tanaman didapat 12 x 5 = 60 bibit.
Terjadi interaksi yang nyata antara perlakuan dosis pupuk NPK dan frekuensi penyiraman pada parameter luas daun, berat segar tajuk, berat segar akar dan berat kering akar terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, pemberian pupuk NPK menunjukkan pengaruh terbaik pada kombinasi 2 g dan penyiraman 1 kali sehari. Pemberian pupuk NPK dengan dosis 6 g mempengaruhi pertumbuhan bibit kelapa sawitlebih rendah dari pada perlakuan lain. Sedangkan perlakuan pupuk NPK dengan disis 2 g dan 4 g dan tanpa pupuk memberikan pertumbuhan yang sama.

Kata Kunci:dosis NPK, frekuensi penyiraman, bibit, kelapa sawit.


LOADING LIST...
ahmadramadhan@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...