Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK BIOSLURRY DAN PUPUK MAJEMUK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq) DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian volume bioslurry dan macam pupuk majemuk terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu bahan organik Faktor pertama adalah volume bioslurry yang terdiri dari 4 aras yaitu : tanpa bioslurry cair (kontrol), 25 ml/minggu/tanaman, 50 ml/minggu/tanaman, dan 75 ml/minggu/tanaman. Sedangkan faktor kedua adalah macam pupuk majemuk, yang terdiri dari 3 aras yaitu : tanpa pupuk majemuk (kontrol), Pupuk Majemuk Dekastar Plus (17-11-10 +TE): 2 g/tanaman, Pupuk Majemuk Dekastar Plus (13-13-13 +TE): 2 g/tanaman. Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 5 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 5x12 = 60 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Tidak terjadi interaksi antara perlakuan pemberian volume bioslurry cair dan macam pupuk majemuk terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk majemuk Dekastar plus (17-11-10 +TE) dan Dekastar plus (13-13-13 +TE) dengan dosis 2 g/tanaman belum dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.Penggunaan pupuk organik bioslurry cair 25 ml/minggu, 50 ml/minggu, dan 75 ml/minggu belum dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata Kunci: bioslurry cair, pupuk majemuk, dekastar plus, bibit kelapa sawit.


LOADING LIST...
agungrisqi555@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...