Ir. Listiyani, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

AGROINDUSTRI PENGOLAHAN KOPI BUBUK (STUDI KASUS DI KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO, PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah yang di peroleh dan strategi pengembangan agroindustri pengolahan kopi bubuk di Kecamatan Samigaluh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari 2019 yang bertempat di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta.
Metede dasar dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, sedangkan metode yang digunakan dalam penentuan sampel menggunakan metode sensus berdasarkan dari pemaparan BPP. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel yang diambil sabanyak 6 sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agroindustri pengolahan kopi bubuk di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo memiliki nilai tambah yang menguntungkan dilihat dari rata-rata pendapatan perbulan. Hasil analisis usaha menunjukkan nilai tambah yang diperoleh untuk kopi bubuk rata-rata sebesar Robusta 25.176/kg dengan besar rasio nilai tambah yang diperoleh sebesar 73% dan Arabika sebesar 37.387/kg dengan rasio nilai tambah yang di peroleh sebesar 77%. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT, strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangakan agroindustri kopi bubuk di Kecamatan samigaluh Kabupaten Kulon Progo adalah melakukan pengembangan pasar disertai dengan inovasi produk, melakukan promosi dengan sosial media dan di tempat- tempat wisata di jogja, Pengembangan jenis proses produksi seperti wine kopi, luwak, natural proses, dan membuat produk roasting kopi berupa light roast maupun dark roast
Kata kunci : Agroindustri kopi bubuk, nilai tambah, strategi pengembagan.

LOADING LIST...
ahmadrivandisiregar19@gmail.com
Ir. Listiyani, MP. - Personal Name
Achmad Rivandi. S - Personal Name
Dr.Ir. Danang Manumono, MS. (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...