Titin Setyorini,Sp., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON PERTUMBUHAN MUCUNA BRACTEATA TERHADAP PEMBERIAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) DAN PUPUK NPK


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan Mucuna bracteata terhadap pemberian Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dan pupuk NPK. Penelitian telah dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2018 di kebun petani yang terletak di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi PGPR yang terdiri dari 4 aras yaitu P0: konsentrasi 0%, P1: konsentrasi 10%, P2: konsentrasi 20%, P3: konsentrasi 30%. Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 4 aras yaitu K0: 0g/tanaman, K1: 0,5g/tanaman, K2: 1g/tanaman, K3: 1,5g/tanaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance). Apabila ada beda nyata antar perlakuan maka diuji lanjut dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara pemberian PGPR dan pupuk NPK pada semua parameter penelitian. Perlakuan PGPR terbaik adalah konsentrasi 20% yang dilihat pada parameter berat segar tajuk. Dosis pupuk NPK 1g/tanaman a.dalah perlakuan terbaik yang dilihat pada parameter panjang sulur, berat segar tajuk, berat kering tajuk dan berat segar akar.

Kata kunci : Mucuna bracteata, PGPR, pupuk NPK

LOADING LIST...
deovanyahmad@gmail.com
Titin Setyorini,Sp., M.Sc - Personal Name
Arif Umami, S.Si.,M.Sc. - Personal Name
Deovany Ahmad Batubara - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...