Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG DI GUDANG PABRIK KELAPA SAWIT PT ROHUL SAWIT INDUSTRI KECAMATAN UJUNG BATU, KABUPATEN ROKAN HULU, PROVINSI RIAU


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen persediaan, pegoperasian gudang serta strategi persediaan barang di gudang PT Rohul Sawit Industri. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2018 sampai dengan 11 juni 2018 yang bertempat di Desa Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul dari hasil penelitian dan dianalisis untuk mengetahui gambaran secara sistematis dan faktual, sedangkan penentuan lokasi penelitian ditentukan oleh peneliti sendiri di dasarkan atas beberapa pertimbangan antara lain adanya keterkaitan dengan judul penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen persediaan PT RSI masih kurang baik, dapat dilihat dari ketidakseimbangan antara penerimaan, pengeluaran dan pencatatan barang. Setiap tahunnya nilai persediaan mengalami peningkatan. Pada tahun 2014 dan 2015 nilai persedian sebesar Rp 5.145.153.047 dan Rp 6.059.580 diakibatkan oleh spare part pabrik yang tidak terpakai; (2) Pengoperasian gudang PT RSI untuk pengeluaran barang menggunakan sistem First In First Out (FIFO). Untuk tata letak barang di gudang masih kurang efektif dan optimal dikarenakan masih banyak barang tidak sesuai penempatannya dan tidak terstuktur. Pengawasan gudang dilakukan oleh audit internal dan eksternal, Keamanan gudang sudah berjalan dengan baik; (3) Strategi persediaan PT RSI untuk persediaan yang sedikit atau kurang yang dibutuhkan dalam keadaan darurat PT RSI melakukan pembelian lokal sedangkan persediaan yang terlalu tinggi adalah menjual persediaan barang yang sudah tersimpan lama digudang atau melakukan penghapusan barang.
LOADING LIST...
wujudrolesya@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...