Ir. Adi Ruswanto, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGGUNAAN KURKUMIN DARI TEPUNG TEMULAWAK DAN KUNYIT SEBAGAI PENGGANTI INDIKATOR PP UNTUK MENGANALISIS ALB PADA CPO


Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan kurkumin dari tepung temulawak dan kunyit sebagai pengganti indicator PP untuk menganalisis Asam Lemak Bebas (ALB) pada CPO dengan tujuan mengetahui jenis rimpang sumber kurkumin yang memiliki rendemen tertinggi dan volume kurkumin yang paling efektif sebagai penganti alternatif indicator PP pada analisis asam lemak bebas Crude Palm Oil (CPO).
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) terdiri dari dua faktor. Faktor pertama jenis kunyit dengan 2 taraf tepung kunyit (K1) dan tepung temulawak (K2). Faktor kedua volume penggunaan kurkumin sebagai indikator asam lemak bebas terdiri dari 4 taraf 0,10 ml (V1), 0,15 ml (V2), dan 0,20 ml (V3), 0,25 ml (V4) dengan dua kali pengulangan. Kurkumin yang telah diekstrak dari jenis rimpang dianalisis pendahuluan meliputi rendemen. Selanjutnya kurkumin 10 % dalam alkohol digunakan untuk indikator titrasi asam lemak bebas serta dilakukan analisis pembanding dengan indikator fenolftalein (pp), dan diamati perubahan warna secara visual. Dari ekstrak jenis rimpang dianalisis juga pengaruh buffer meliputi pH 3,5,8,10 dan kadar kurkumin ekstrak jenis warna rimpang.
Hasil penelitian ini menunjukan perlakuan terbaik pada penelitian adalah (K1) tepung kunyit dengan hasil rendemen 18,48% dan penggunaan ekstrak rimpang kunyit berpengaruh terhadap analisis ALB dengan kadar 4,125%. Kadar kurkumin 14,75 mg/g dan volume yang terbaik untuk analisis ALB sebagai pengganti indikator PP, jika menggunakan ekstrak tepung kunyit 0,20 ml dan jika menggunakan ekstrak tepung temulawak 0,25 ml sampai terjadi perubahan warna dari kuning menjadi merah muda.

Kata kunci: Indikator PP, kurkumin, asam lemak bebas (ALB), jenis rimpang.

LOADING LIST...
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
Hermosa Sobrino - Personal Name
Dr. Ir. Ida Bagus Banyura Partha, MS - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER YOGYAKARTA
2019
yogyakarta
LOADING LIST...