Ir. Enny Rahayu, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH RUMAH TANGGA PADA BEBERAPA JENIS TANAH UNTUK PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jaq) DI PRE - NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah rumah tangga pada beberapa jenis tanah serta untuk mengetahui pengaruh seberapa baiknya limbah rumah tangga buat pembibitan kelapa sawit. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2018 di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) dengan dua faktor. Faktor I adalah dosis limbah rumah tangga yang terdiri atas 4 aras yaitu, (L0)Tanpa limbah (kontrol), (L1) Limbah rumah tangga 100 g/bibit, (L2)Limbah rumah tangga 250 g/bibit, dan (L3) Limbah rumah tangga 500 g/bibit. Sedangkan faktor II adalah beberapa jenis tanah yang terdiri dari 3 aras yaitu (K1)Tanah Latosol, (K2)Tanah Vertisol, dan (K3) Tanah Regosol. Data dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance). Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi kombinasi yang baik antara dosis limbah rumah tangga dan jenis tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Tanpa kompos limbah rumah tangga pertumbuhan bibit kelapa sawit sudah tumbuh sama baiknya dengan penambahan kompos limbah rumah tangga 100 g/bibit, 250 g/bibit dan 500 g/bibit. Jenis tanah latosol, vertisol dan regusol dapat digunakan untuk media tanam bibit kelapa sawit di prenursery.


Kata kunci : bibit di pre nursey, limbah rumah tangga dan jenis tanah.

LOADING LIST...
arryboy1418@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...