Ir. Ni Made Titiaryani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JUMLAH BENIH DAN JARAK TANAM Mucuna Bracteata TERHADAP KECEPATAN PENUTUPAN TANAH


jarak tanam Mucuna Bracteata serta interaksinya terhadap kecepatan penutupan tanah. Penelitian dilaksanakan di Lahan Pertanian Khas Desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, Kabupaten Seleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun waktu penelitian ini selama 2 bulan dari bulan Mei sampai Juni 2018.
Rancangan penelitian ini menggunakan percobaan RCBD (Randomized Complete Block Desigen) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu jumlah benih/lubang yang terdiri dari 1 benih, 3 benih, dan 5 benih. Faktor yang kedua adalah jarak tanam yang terdiri dari 5cm x 5cm, 10cm x 10cm, 15cm x 15cm. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi setiap kombinasi terdiri dari 3 ulangan sehingga ada 3 x 3 x 3 = 27 blok penelitian sebagai satuan percobaan, 1 blok penelitian berukuran 1m2. Hasil dianalisis menggunakan sidik ragam anova dengan jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncen (Duncan’s New Multiple Range Tenst)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah benih dan jarak tanam Mucuna Bracteata tidak memberikan interaksi nyata terhadap kecepatan penutupan tanah. Jumlah benih 3 benih/lubang menunjukkan berat kering tanaman yang lebih tinggi. Sedangkan jarak tanam tidak menunjukkan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat segar tanaman, berat kering tanaman, berat segar akar, berat kering akar, jumlah bintil akar efektif, dan jumlah bintil akar keseluruhan.
Kata kunci : Jumlah benih, jarak tanam, Mucuna Bracteata dan kecepatan penutupan tanah.

LOADING LIST...
adigunanto1123@gmail.com
Ir. Ni Made Titiaryani, MP - Personal Name
Adi Gunanto - Personal Name
Ir.Wiwin Dyah Ully Parwati,MP.(P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...