Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN BIO-SLURRY, PUPUK KANDANG KAMBING, PUPUK KANDANG AYAM, DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE-NURSERY


INTISARI

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bio-slurry, pupuk kandang kambing, pupuk kandang ayam, dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) dipre-nursery telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2018 sampai dengan Juni 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri dari 4 macam yaitu kontrol, bio-slurry padat, pupuk kandang kambing, dan pupuk kandang ayam. Sedangkan faktor kedua adalah volume penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu 50 ml/bibit, 100 ml/bibit, dan 150 ml/bibit. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam. Bila ada beda nyata diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test, pada jenjang nyata 5%.
Tidak terdapat interaksi yang nyata antara perlakuan pemberian pupuk bio-slurry, kandang kambing, dan kandang ayam sebagai campuran media tanam dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk organik sebagai campuran media tanam memberikan pengaruh yang sama pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, kecuali pada berat segar akar, berat kering akar, berat segar bibit, dan berat kering bibit. Volume air siraman 150 ml/hari dapat meningkatkan pertumbuhan akar bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata Kunci : bio-slurry, pupuk kandang kambing, pupuk kandang ayam, volume penyiraman, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
andhikafirdaus12@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...